Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot – Pasti anda pernah mengalami apa yang saya alami yaitu menghadapi laptop yang lemot ketika di pakai. Menggunakan laptop yang lemot itu membutuhkan banyak kesabaran, apalagi ketika kita sedang mengerjakan tugas kantor atau tugas kuliah atau bahkan ketika kita sedang mendesain. Wah pasti sangatlah menyebalkan ya, harus menunggu proses ketika di klik, atau bahkan ketika di klik malah layar menjadi putih dan not responding, pasti sangat kesal sampai sampai laptop pengen saya banting, hehehe

Eittsss tapi sabar dulu gan, jangan di banting laptopnya, walaupun laptop lemot tapi sayang kalau di banting, hehehe,  mending di perbaiki aja gan laptopnya, berdasarkan pengalaman saya ada beberapa cara nih untuk mengatasi laptop yang lemot.

Terus bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot?? Sabar gan, sebelum kita bicara tentang mengatasi masalah laptop yang lemot, kita cari tahu dulu penyebab laptop yang lemot. Ada banyak penyebab dan cara mengatasi laptop yang lemot.


Dalam artikel ini sudah saya rangkum beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop yang lemot. Baik tidak berlama – lama lagi, ini dia cara mengatasi laptop yang lemot berdasarkan penyabab nya.

1. Virus Yang Menginfeksi Laptop Anda
Virus merupakan program computer yang dapat menggandakan atau memperbanyak dirinya sendiri dan menyebar dengan menyebarkan salinannya ke dalam program – progam computer atau dokumen lain.  Virus computer dapat merusak data dokumen bahkan membuat program aplikasi menjadi korup, sehingga membuat pengguna computer merasa terganggu,

Virus yang bersarang di laptop bisa membuat kinerja lapop menjadi lambat, salah satu penyebabnya ada virus yang tinggal di memory pada saat laptop melakukan booting, dan juga ada virus yang sengaja menyerang memori dan memenuhi beban memori sehingga membuat kinerja laptop menjadi lemot. Salah satu virus yang sangat menyebalkan adalah virus Trojan, yang menyerang ketika kita menancapkan flasdisk dan seketika flasdisk kita terkena virus itu dengan muncul shortcut yang tidak bisa di hapus dan membuat file kita tidak kelihatan atau ter hiden. 

Cara mengatasi : 

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi virus yang membandel yaitu dengan menginstal antivirus. Antivirus yang harus di install adalah antivirus yang terbaru, seperti smadAv, avira, kaspersky atau yang lainnya. Stelah menginstal antivirus maka scan virusnya, sehingga virus dapat terhapus dan di karantina oleh antivirus tersebut.

2. Terlalu Banyak Menginstall Program Di Laptop
Yang kedua penyebab masalah laptop yang lemot bisa karena program aplikasi yang kita isntal terlalu banyak, atau bahkan aplikasi yang tidak jelas yang tidak sengaja terinstal di laptop kita, biasanya ketika kita download sesuatu ada perintah perintah aneh yang tidak jarang juga itu kadang malah perintah untuk menginstal aplikasi yang tidak jelas. ketika laptop kita terlalu banyak aplikasi maka program – program tersebut  memakan atau memenuhi resource memori laptop sehingga menyebabkan memori tidak optimal dan membauat laptop menjadi lemot.

Cara mengatasi :

Ketika mengalami situasi tersebut bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasi yaitu dengan cara menghapus atau meng uninstall aplikasi yang kurang jelas atau yang tidak dibutuhkan tersebut, kemudian cek sisa memori jika masih terlalu berlebih pemakaian memori maka hapus aplikasi yang memakan memori besar, tentunya dengan memilih aplikasi yang kurang di butuhkan.

3. Kapasitas Ram yang Kurang Memadai
RAM atau Random Acces Memory adalah sebuah memory yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan data sementara pada computer ketika program di jalankan.

Jika memori RAM kita kurang atau kecil, maka data / instruksi atau perintah yang di perintahkan processor tidak dapat di simpan dengan benar karena ruang memori yang terbatas. Akibatnya laptop atau computer menjadi lemot, program menjadi notrespon sehingga laptop menjadi lemot.

Cara Mengatasi :

Untuk kejadian seperti ini maka salah satu cara yang bisa di lakukan yaitu dengan mengupgrade ram anda, jika ram anda 2 GB maka anda bisa mengupgrade menjadi 4 GB sehingga ruang penyimpanan anda dapat menampung data perintah dari processor. Sehingga kinerja laptop anda tidak lagi mengalami lemot atau not respon lagi.
4. Banyak Program yang di jalankan dalam waktu yang sama
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah berjalannya banyak program dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor dan RAM menjadi berat.

Cara Mengatasi :

Untuk mengatasi kondisi seperti ini sangat lah mudah, dengan cara mengeluarkan semua proram yang berjalan kemudian jalankanlah program satu persatu. Hal itu di lakukan supaya kinerja RAM maupun processor menjadi lebih ringan. Jika anda tetap memaksakan menjalankan banyak aplikasi sekalugus maka siap siap anda harus bersabar menghadapi laptop yang lemot, panas atau bisa malah hang.

5. Kapasitas Hardisk Penuh
Hardisk yang penuh akan menyebabkan aliran data menjadi lambat, sehingga kinerja laptop menjadi lambat. Jika kapasitas hardisk anda sudah nyaris memenuhi limit, sebaiknya pindahkan data-data anda segera ke tempat penyimpanan lain agar tetap tersedia ruang memori yang kosong. Jika hal ini di biarkan bukan hanya membuat kinerja computer menjadi buruk atau lemot, hal ini juga bisa menjadikan hardisk menjadi rusak.

Cara Mengatasi :

Jika mengalami seperti ini maka cara yang bisa di lakukan adalah melakukan Disk Cleanup untuk menghapus file-file sampah yang tidak berguna, dan menambahkan ruang kosong di hardisk. Nambun bila mana kalau hardisk sudah rusak, apa boleh buat harus membeli baru atau bisa membeli second.

6.  Harus di Install Ulang
Yang terakhir cara yang paling mudah yaitu dengan menginstall ulang windows anda, dengan menginstall ulang windows anda maka windows anda menjadi seperti baru lagu dan masih ringan karena belum terlalu banyak yang di install di computer anda. namun cara ini tidak bisa dilakukan jika yang terjadi masalah pada hardwarenya seperti RAM dan Hardisknya. Jika yang terkena masalah pada hardwarenya maka tetap harus di ganti atau di upgrade.

Mungkin beberapa tips di atas bisa anda praktikan sendiri di rumah. Dan semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang anda butuhkan terkait dengan cara mengatasi laptap yang lemot.

*Jika artikel ini bermanfaat boleh di share ke teman teman lain, ^_^

Terimakasih J

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »