5 APLIKASI PENGELOLA VECTOR TERBAIK

5 Aplikasi pengelola vector terbaik. – di dalam dunia desain tentulah kita tidak asing dengan namanya vector. Lalu apakah yang di maksud vector itu? Vector adalah objek gambar yang mengunakan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu.
Di kalangan pecinta desain, vector di gunakan untuk membuat desain – desain yang membutuhkan soliditas bentuk, warna dan fleksibilitas ukuran seperti logo dan letterhead. Lalu apa keunggulan vector? Salah satunya yaitu karena ukuran file yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat penyimpanan file.
Banyak sekali pilihan aplikasi pengelola vector yang ada di google yang mengkin akan membuatmu kebingungan mau menggunakan aplikasi pengelola vector terbaik dan ringan di gunakan untuk laptop atau PC-anda.

Nah karena itu saya akan memberikan beberapa daftar aplikasi pengelola vector yang dapa kamu coba untuk membuat desain vector. Untuk lebih jelasnya silahkan simak lebih lanjut ulasan berikut ini

Aplikasi Pengelola Vector Terbaik
1.      CorelDraw

CorelDraw adalah aplikasi yang tidak asing lagi bagi kalangan pendesain. Coreldraw sangatlah familiar di telinga para pendesain karena di saat kita install ulang windows kita pasti di Install juga CorelDrawnya.
Di samping itu corel draw adalah aplikasi pengelolaan vector yang paling digemari oleh pecinta desain atau yang bekerja dengan mengandalkan desain.
Coreldraw bagi para pecinta desain biasanya digunakan untuk membuat desain vector contohnya digunakan untuk membuat design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain yang terkenal dalam dunia digital. Disamping ringan aplikasinya, dengan adanya banyak vitur yang bisa digunakan untuk membantu kinerja para pendesain, coreldraw merupakan salah satu aplikasi pengelola vector yang paling di gemari.
Sampai saat ini per bulan November 2017 versi terbaru dari CorelDraw suite 2017 19.1.0.434 yang sangatlah cocok di gunakan di windows 32 bit dan 64 bit. (windows 7, 8, 8.1, 10).

2.      Macromedia flash
Aplikasi pengelola vector ke dua adalah macromedia flash, aplikasi ini juga lumayan familiar bagi kalangan pendesain. Aplikasi ini banyak beredar di google, lalu apa sih macromedia flash itu?
Macromedia Flash yang sekarang berubah nama menjadi Adobe Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Macromedia flash atau adobe flash ini juga diminati oleh berbagai kalangan pendesain khususnya yang bergerak di bidang multimedia, karena di samping bisa digunakan untuk membuat vector, aplikasi ini juga bisa membuat animasi.
Untuk saat ini macromedia flash yang terakhir adalah macromedia flash 8 yang dapat terinstal dan compatible di OS windos 7/8/8.1/10 baik yang 32 bit atau yang 64 bit.

      Adobe Illustrator

Aplikasi pengelola vector yang ketiga adalah adobe illustrator. Aplikisi ini juga aplikasi pengelola desain grafis yang di minati oleh para desainer. Aplikasi ini sangat terkemuka di pasarkan oleh adobe System, adobe Ilustrator CC adalah versi terkeni dari program ini, generasi ke dua puluh untuk program Ilustrator.
Hasil pengelolaan aplikasi ini berjenis vector, maka aplikasi ini sangat di minati oleh penggunanya untuk memproduksi hasil karya khusu, yaitu gambar seperti pembuatan logo perusahaan, media promosi baik dalam bentuk print maupun bentuk digital.
Kelebihan yang di tawarkan aplikasi ini adalah fitur lengkap, tidak kehilangan resolusi, garis jelas ada di tiap ukuran.
Untuk versi terakhir dari aplikasi ini adalah adobe Ilustrator CC 2017, aplikasi ini cocok atau kompatibel dengan OS Windows 7/8/8.1/10 baik yang 32 bit maupun 64 bit.

4.      Micrografx Designer

Aplikasi pengelola vector ke empat adalah micrografx Designer. Apliasi salah satu ini digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk garis/vector sehingga disebut sebagai Ilustrator Program. Aplikasi ini juga di gemari oleh para pecinta desai vector meskipun tidak sebanya coreldraw penggunanya.
icrografx merupakan program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik
kelebihan yang di tawarkan oleh Micrografx Designer adalah mudah untuk desain interface, tool yang di tawarkan cukup lengkap. Kekuasaan desainer terkonsentrasi pada gambar teknis, mampu di simpan dalam bentuk PDF.
Untuk versi terakhir dari aplikasi ini adalah Micrografx designer 9 2017, aplikasi ini cocok atau kompatibel dengan OS Windows 7/8/8.1/10 baik yang 32 bit maupun 64 bit.

5.      Freehand


Aplikasi pengelola vector yang kelima adalah macromedia freehand. Aplikasi ini adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional.
Macromedia Freehan sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia.
Aplikasi ini memiliki penggemar tersendiri walaupun tidak sebanyak yang saya aplikasi yang saya sebutkan yang lain. Aplikasi memiliki beberapa keunggulan diantaranya ukuran file yang kecil dengan kualitas baik, spek hardware tidak perlu yang tinggi, dapat membuat website, animasi web, cd interaktif dan lain-lain.
Untuk versi terakhir dari aplikasi ini adalah FreeHand 10.0  aplikasi ini cocok atau kompatibel dengan Mac OS 9 dan Mac OS X.

Dari kelima aplikasi pengelola vector terbaik di atas pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal penggunaan maupun spek hardware yang di butuhkan untuk di install di laptop atau di computer PC anda. aplikasi yang sering saya gunakan dalam pengeditan atau pembuatan vector dari ke lima aplikasi di atas adalah coreldraw. Karena menurut saya aplikasi coreldraw ini sangatlah mudah di pelajari dan terdapat banyak tutorial di internet untuk sebagai bimbingan dalam membuat desain selain itu spek hard ware yang di perlukan juga tidak terlalu membutuhkan spek yang tinggi. maka saya pribadi merecomendasi kan untuk menggunakan aplikasi corel draw.


Baik, mungkin cukup sekian informasi tentang aplikasi pengelolaan vector terbaik yang dapat saya sajikan jika ada kesalahan penyampaian kami mohon maaf, dan bisa di sampaikan di kolom komentar yang sudah di sediakan, Terimakasih :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »